Arti Kata Lathi Dalam Bahasa Gaul

53 sec read

arti kata lathi

Kowe ra iso mlayu, soko kesalahan…
Ajining dhiri ono ing Lathi…

Sebuah lirik lagu yang sedang naik daun beberapa tahun ini. Judul lagu ini adalah Lathi. Apa makna Lathi yang dimaksud ?

Arti Kata Lathi Yang Cukup Gaul

Bebasgaul.com – Coba ngasih tahu arti dari lirik tersebut.

Kamu tidak bisa lari, dari kesalahan
Harga diri seseorang ada pada Perkataan

Jadi lo udah bisa menyimpulkan kalo arti Lathi = Perkataan

Lathi merupakan sebuah bahasa Jawa Krama. Tingkatan bahasa Jawa yang paling halus dalam perkataan sehari-hari mereka. Tahukah lo bahwa ini merupakan pepatah luhur Jawa.

Lathi = Lidah = Mulut

Lidah dan mulut sebagai penyambung suara saat seseorang berbicara. Lidah seseorang akan mencerminkan bagaimana harga diri yang dia miliki. Bagaiamana saat dia bertutur kata akan menunjukkan kualitas nya.

Padanan kata ini sebenarnya hanya mencerminkan sumber suara seseorang. Maka dari itu, lo pasti tahu orang-orang Jawa khususnya yang dekat dengan Keraton Solo maupun Jogjakarta memiliki ciri khas sangat sopan.

Karena pepatah leluhur berkaitan dengan tutur kata ini dijaga dengan baik. Seseorang akan lebih dihargai apabila dalam bertutur kata dengan baik. Orang berilmu tidak akan keluar kata-kata nggak berguna dari mulutnya.

Orang harus selalu menjaga ucapannya senantiasa berkata baik benar dan tidak berbohong. Unggah-ungguh atau tata krama yang diterapkan cukup luhur baik perkataan maupun perbuatan.

Ini bagus buat Lo… Jaga perkataan baik-baik. Kalau di Jawa sih, mengenal yang namanya Sabdo Dadi. Orang jaman dulu perkataannya sakti, apa yang mereka katakan pasti akan terjadi.

Maka dari itu orang jaman dahulu menjaga Lidah/Lathi mereka lebih berhati-hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *