Arti Kata Ngadi Ngadi

49 sec read

arti kata ngadi ngadi

Bebasgaul – Sebenarnya tulisan arti kata Ngadi Ngadi yang benar adalah Ngadi Adi. Berasal dari bahasa Jawa dengan berbagai makna yang tersirat didalamnya. Dibawah ini berbagai arti kata tersebut, simak ya.

Arti Kata Ngadi Ngadi

Ngadi-Ngadi (ngadi-adi) artinya adalah manja.

Sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan, misalnya disuruh beli gula ke warung sebelah. Manja sekali kalau harus pinjam motor. Atau kemana-mana perlu ditemenin itu juga bisa memiliki makna Ngadi-adi atau manja.

Sesuatu yang bisa dilakukan sendiri masih butuh bantuan dari orang lain disebut ngadi-adi. Sifat ini lebih ke arah malas melakukan sendiri. Seringkali dikeluarkan dari mulut orang tua kepada anak karena sifat kurang mandiri alias manja.

Ngadi-Ngadi bisa juga berarti banyak tingkah, berulah, dan nakal. Seringkali diucapkan ke anak-anak yang sering bercanda atau bertingkah nakal. Biasanya sih karena ulah mereka habis mencuri buah atau menginjak-injak sawah ladang yang ditanami. Karena sangat biasa anak-anak desa nakal. “Ojo Ngadi-adi” berarti jangan semakin menjadi-jadi nakalnya.

Ngadi-adi juga memiliki arti membayangkan sesuatu yang belum terjadi atau mengada-ada.

  • Ojo ngadi-adi, kowe mung dewean. (jangan berkhayal-khayal, kamu lagi sendirian disini)
  • Ojo ngadi-adi, ora mungkin kedadean. (jangan berpikiran yang aneh-aneh, hal itu tidak mungkin terjadi)

Itulah arti kata dari Ngadi-Ngadi atau ngadi-adi yang seringkali digunakan oleh orang desa. Sesuai dengan konteksnya aja bisa berubah-ubah.

Selain sering dipakai di desa, ternyata kata ini juga masuk ke ranah sosial media. Jadi jangan kaget karena sudah tahu kata ini ya.

Arti Kata YTBJTS

bebasgaul
46 sec read

Arti Kata RAWR

bebasgaul
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *