Edukasi

Cara Mengatasi Overthinking

Gimana sih cara mengatasi overthingking ? Pernah ga lu ada disaat dimana kepikiran sesuatu terus menerus ? Dan lu gak bisa stop, meskipun pikiran itu pengen lu hindari juga dan bikin cemas terus. Ini merupakan sebuah kondisi yang membagongkan, kondisi dimana lu lagi Overthinking.

Ada beberapa tanda Overthinking yang cukup mudah lu kenali:

  • Merasa lebih cemas tapi gatau harus ngapain
  • Merasa hidup hilang kendali

Sebenarnya ini kalau dibiarin bakalan bahaya buat kesehatan mental. Tapi juga gak baik untuk kesehatan fisik lu. Kebiasaan “Kepikiran” atau overthinking ini bisa bikin sakit kepala, demam, jantung berdebar, nyeri dada bahkan tekanan darah tinggi. Lu mesti ati-ati. Nih ada tips cara mengatasi Overthinking dari Bebasgaul khusus buat lu.

Cara Mengatasi Overthinking

Overthinking pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Kepikiran sesuatu bisa berhubungan dengan hidup, pekerjaan, keluarga dan bahkan masa depan. Cara untuk mengatasinya cukup banyak sih, tapi ada beberapa poin nih dari mimin yang cukup berguna. Dimulai dari diri sendiri dan beberapa langkah lainnya:

1. Dont Judge Yourself

Hampir semua orang berusaha, jangan menganggap bahwa diri elu salah. Cobalah untuk fokus pada sebuah hal yang lebih menenangkan diri dan menghibur. Setiap orang pasti punya jalan keluar untuk setiap masalahnya. Yang terpenting harus selalu fokus dan jangan sampai beban pikiran ini mempengaruhi kinerja elu dalam kehidupan sehari-hari. Buat diri lu terhibur dari gemerlap masalah yang menenggelamkan dirilu.

2. Cara Mengatasi Overthingking Dengan Ubah Sudut Pandan

Proses ini adalah melakukan Zoom Out dan Zoom In layaknya pas kamu buka maps atau peta Google. Cobalah untuk melihat satu titik dalam masalah lu. Zoom Out, lebarkan sudut pandang masalah yang lu alami. Zoom sampai kelihatan semua alur dalam hidup lu, kedudukan lu, semua yang lu lakuin adalah benar. Elu adalah orang yang sudah berjuang sejauh ini. Jangan biarkan masalah kecil mengganggu diri lu.

3. Fokus Pada Masa Kini

Kebanyakan kejadian overthingking karena menyesali kejadian yang telah lalu. Karena menyesali masa lalu yang udah kejadian dan gak sesuai dengan keadaan lu sekarang. Kuncinya lu harus ubah posisi dimensi tubuh dan pikiran lu ke keadaan sekarang. Bawa diri lu ke masa sekarang dan jangan pernah kepikiran lagi apa yang telah terlewat. Hidup itu pilihan bre. Memang kita pernah melakukan kesalahan pada setiap pilihan dalam hidup. Ini bukanlah akhir. Masih ada masa kini dan masa depan yang bakalan menggantikan itu semua.

 

Recent Posts

Ciri-ciri Teks Eksplanasi Lengkap Dengan Pengertian isi dan Strukturnya

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu.Biasanya teks eksplanasi menjelaskan… Read More

2 weeks ago

Cara Menyimpan Tabung Oksigen dan Perbedaannya

Saking banyaknya pasien dengan gejala covid19 ini, banyak yang sulit untuk mencari oksigen, bahkan admin… Read More

3 weeks ago

Lirik Lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja

Bebasgaul - Menyajikan lirik lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja karya Judika. Yang… Read More

1 month ago

Lirik Lagu Terlukis Indah

Bebasgaul.com - Lirik lagu Terlukis Indah dinyanyikan oleh Rizky Febian dan Ziva Magnolya.   Lirik… Read More

2 months ago

Arti Kata Tewur Dalam Bahasa Gaul

Apakah elu sudah tahu apa arti kata Tewur ? Kayaknya sih kata ini lebih sering… Read More

2 months ago

Lirik Lagu Sempurnakan Hariku

Lirik lagu Sempurnakan Hariku, yang dibawakan oleh Rey Mbayang. Berlatar saat buah hatinya telah lahir… Read More

2 months ago