Digital Decluttering Isi Waktu Luang Yang Produktif

1 min read

Digital Decluttering

Bebasgaul – Saat waktu senggang lu bisa lakuin Digital Decluttering, sebuah istilah yang kayaknya inggris dan kekinian banget kayaknya heheh.

Daripada nganggur, lu bisa coba melakukan kegiatan yang satu ini. Syaratnya cuma Lu dan waktu senggang yang nyaman serta Handphone atau Komputer/Laptop yang lu miliki. Setelah lu persiapan melakukan persiapan terus ngapain lagi ? Ya baca dulu lah info dibawah ini.

Apa Itu Digital Decluttering ?

Digital Decluttering adalah kegiatan meorganisir file yang ada di perangkat kamu. Bisa dengan memilah yang penting atau menghapus sampah digital yang bikin penuh penyimpanan. Termasuk file cache aplikasi, browser dan aplikasi lainnya.

Jadi intinya kegiatan pembersihan digital ini adalah bikin ponsel kamu jadi lega. Nggak cuma ponsel aja sih, bisa Laptop atau Komputer di ruang kerja sekalipun. Kegiatan ini sebenarnya susah-susah gampang sih. Soalnya harus memilah satu persatu file yang perlu disimpan atau dihapus.

Tips Dalam Digital Decluttering

Bebasgaul punya tips buat Lu yang memang lagi butuh penyimpanan yang lebih lega. Dan pas lagi ada waktu luang atau gak ada kegiatan tertentu.

Pakai Aplikasi Analisis File

Hp lu sekarang udah canggih, pasti udah ada fitur pemilahan file-file. Biasanya sih file-file besar gampang banget terdeteksi pakai aplikasi ini dn biasanya juga bawaan hp. Di komputer bisa juga dengan Sort By Size atau urutkan menurut ukuran bisa juga dengan aplikasi CC Cleaner. Kalau tujuannya nyari ruang lega, ya cari dan hapus dulu file besar. Kemudian dipilah-pilah sesuai kepentingan.

Hapus File Duplikat Digital Decluttering

Seringnya sih kita jepret foto dari kamera (bukan dari WA langsung) biar hasilnya bagus. Terus dikirim lewat Whatsapp ke orang lain. Foto ini bakalan jadi 2, 1 foto asli dari kamera dan satunya foto yang dikompres Whatsapp untuk dikirim ke orang lain.

File duplikat juga sering terjadi pas kita lagi pusing gak nemuin file itu di hp/komputer. Karena lupa, biasanya sih didownload lagi. Jadi bisa banyak duplikasi terjadi.

Hapus Email Tidak Penting Dan Unsubscribe Konten

Jangan-jangan lu lupa pasword masuk Email atau Gmail ? Wah jangan sampai bro. Ini penting. Login di Google Mail lu, hapus pesan gak penting dan Unsubscribe konten biar pesan Email gak numpuk. Tombol berhenti berlangganan ini biasanya ada dibagian paling bawah.

Rapihin File

Kasih kategori sesuai dengan folder. Misal file PDF jadiin satu folder begitupun gambar dan video serta foto dan lainnya. Selain membuat rapi, pengkategorian file ini bakalan bikin penyimpanan lebih awet karena partisi file tidak tercampur dan lebih merata sesuai dengan kategori jenis file.

Back Up File Penting Online Atau Offline

File kenangan lu, misalnya foto sama mantan bisa disimpan di Drive (Gmail) untuk jangka waktu yang cukup lama. Atau disimpan offline di Hardisk, Flashdisk, dan Kartu Memori.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa lu lakuin saat nganggur. Membersihkan file sampah dan kenangan nggak penting yang ada di penyimpanan perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *