5 Poin Penting Etika Dalam Pergaulan Sehari Hari

1 min read

Etika Dalam Pergaulan Sehari Hari

Ya namanya juga makhluk sosial bos, pasti kita berinteraksi. Tapi lu perlu menerapkan beberapa etika dalam pergaulan sehari hari. Poin kecil ini bisa bikin orang lain bahagia atau setidaknya lu gak bikin mereka marah.

Ini merupakan sebuah etika yang coba Bebasgaul jelaskan buat lu biar lebih gaul tapi tetap sopan dan sesuai etika aja. Anggap saja beberapa etika dalam pergaulan sehari-hari ini bisa lo terapi saat hidup di masyarakat biasanya.

Etika Dalam Pergaulan Sehari Hari

1. Berkata Terima Kasih

Budayakan berterima kasih setelah mendapatkan bantuan. Setelah dapet rejeki dari orang lain, bahkan saat lu jualan sesuatu dan laku dibeli sama seseorang. Ucapan terima kasih layaknya sebuah penilaian yang sangat tinggi untuk mengapresiasi kinerja seseorang meskipun itu gratis.

Soalnya kadang-kadang orang pinter banget ngasih apresiasi berupa hadiah atau kado. Namun terkadang lupa atau gagal cuma ngomong terima kasih dalam kesehariannya. Ngomong makasih dalam setiap kesempatan berinteraksi kepada orang, jangan lu lupain tuh.

Terima kasih bisa lu ungkapin ke orang lain lewat cara lain juga. Bisa dengan memberikan apresiasi berupa barang atau hadiah juga. Jangan lupa juga nggak cuma diomongin, tapi ditulis juga dari pesan atau WA juga bisa.

2. Berkata Tolong

Tolong bro, ambilin sendal gue ketinggalan di masjid. Memohon dengan kata tolong adalah sebuah respect yang bisa kita berikan ke orang lain. Orang kita bener-bener minta tolong ya setidaknya kasih sisipan kata tolong, tulung atau tolongin. Ini akan membuat orang lain merasa diberikan respect.

Bukannya lu raja dia babu. Tapi lebih ke menghormati orang lain yang mau menolong apa yang kita butuhkan.

3. Berkata Permisi Atau Bentar

Lu bisa pake kata permisi pada kasus-kasus tertentu, misalnya pas lagi mau nelpon, ngasih tahu sesuatu. Saat mau menyela sesuatu bisa jadi orang mungkin terasa terganggu dengan keberadaan lu. Kata permisi dapat memecah hal ini dan membuat lu tetep gaul meski menyela.

4. Maaf Kalo Salah

Meski lu gak salah, pake kata maap buat jadi sopan. Sorry bro, dengan bahasa gaul juga bisa. Bukan merendah, tapi ya biar gak ada salah paham aja gitu.

5. Tidak Mengomentari Fisik Orang Lain

Sulit namun bisa kok lu lakuin, soalnya ini butuh pembiasaan aja. Meskipun fisik seseorang bisa jadi bahan pembicaraan, ini bisa masuk ke jalur pembulian. Lu bisa aja mengaligkan perhatian ke

Tetap bersahaja dengan gaul sama orang lain tapi menjaga berbagai etika. Karena ajining diri ono ing Lathi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *