Istilah Kampus Yang Harus Kamu Tahu

1 min read

Istilah Kampus Yang Harus Kamu Tahu

Apa aja sih istilah kampus yang harus kamu tahu ? Terkhusus buat calon mahasiswa atau yang baru daftar SNM, atau SBM, atau jalur mandiri dari Sekolah Menengah. Yang udah tua semester 10 pastilah udah tahu istilah-istilah ini…

Lu gak usah baca artikel ini, mending cepet kelarin skripsi lu biar cepet lulus alias wisuda hehehe…

Istilah Kampus Yang Harus Kamu Tahu

Biasanya sih buat maba alias mahasiswa baru ada yang namanya pengenalan terhadap fasilitas dan beberapa jabatan di kampus. Namun di blog Bebasgaul ini lu bakalan dapat extra pengetahuan. So, lu bisa lebih paham dengan beberapa bahasa keren dibawah ini.

Beberapa kata yang sering bersliweran di dunia kampus ini sebenarnya adalah singkatan bre. Biar lebih enak dan cepet nyebutnya aja. Nih:

  1. Dosbing: Dosen Pembimbing. Seorang dosen yang bakalan dampingi lo dari awal skripsi sampai lulus nanti
  2. PA: Pembimbing Akademik. Biasanya dosen yang bakalan ngasih lo nilai dan ngasih arahan mata kuliah atau pelajaran yang harus lu tempuh di sebuah semester. Beserta syarat ngambil sebuah mata kuliah.
  3. Doswal: Dosen Wali. Sama kayak PA
  4. Matkul/Makul: Mata Kuliah, pelajaran
  5. BEM: Badan Eksekutif Mahasiswa. Kayak OSIS gitu pas lu masih SMA. Dia organisasi intra kampus dibawah naungan sebuah Fakultas
  6. Hima: Himpunan Mahasiswa. Biasanya perkumpulan mahasiswa dengan jurusan atau fakultass yang sama (misal HMP, himpunan mahasiwa prodi)
  7. Prodi: Program Studi. Jurusan kuliah yang lebih spesifik. Misal Prodi Perawat
  8. Fakultas: Didalamnya menaungi beberapa program studi keilmuan. Misal Fakultas Kesehatan, Prodinya perawat, fisioterapi, bidan, dan lainnya
  9. Ukm: Unit Kegiatan Mahasiswa. Sebuah organisasi atau kelompok yang punya kegiatan tersendiri. Misal UKM Al-Qindi yang kegiatannya jadi regu KUR. Contoh lain USF, unit seni dan film
  10. KRS/IRS: Kartu Rencana Studi/Isian Rencana Studi. Ini kartu yang diisi bareng dosbing lu, bahas makul apa aja yang boleh diambil
  11. KHS: Kartu hasil studi. Isinya nilai setiap mata kuliah yang telah lu lalui. Biasanya dari A-D dan ada IP juga disitu
  12. IP: Indeks Prestasi. Rata-rata nilai lu jika di cetak dalam angka. Skala 0 – 4
  13. IPK: Indeks Prestasi Kumulatif. IP dari lu semester 1 sampai semester terakhir lu kuliah
  14. IPS: Indeks Prestasi Sementara. IP lu di satu semester
  15. Kaprodi: Kepala Program Studi. Istilahnya adalah kepala yang ngatur kegiatan di program studi
  16. Dekan: Jajaran Kepala Fakultas. Yang ngatur prodi-prodi dibawahnya
  17. Rektor: Jabatan pimpinan pada Kampus/Universitas yang dibawahnya fakultas-fakultas
  18. KAlab: Kepala Laboratorium. Tau sendiri lah yang ngurus di lab
  19. Asdos: Asisten Dosen. Pengganti dosen pas lagi sibuk atau yang bantu dosen ngajar atau ngasih materi dasar
  20. DO: Drop Out. Lu udah semester 14 saat nya keluar dari kampus kalo lu gak selesai-selesai dan wisuda
  21. SP: Semester Pendek. Waktu yang digunakan buat ngulang mata kuliah. Misal nilai lu AB, mau lu revisi jadi A. Ikut semester pendek nilainya malah jadi C heheheh

Itulah beberapa istilah yang ada di kampus yang mungkin lu belom tahu. Makanya baca ini artikel biar dikit-dikit tahu. Jangan lupa buat meghormati seluruh jajaran di Kampus lu yang baru ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *